Kalah dari Malaysia, Timnas Indonesia Gagal Melaju…

KUALA LUMPUR – Timnas Indonesia U-22 harus kembali mengubur mimpinya menjadi juara di SEA Games 2017 Kuala Lumpur. Garuda Muda dipaksa menyerah 1-0 oleh tuan rumah Malaysia dalam partai semifinal pertandingan sepak bola yang berlangsung di Stadion Shah Alam, Malaysia, Sabtu (26/8/2017).

Gol kemenangan Malaysia dicetak penyerang Thanabalan melalui tandukan kepala di menit ke-87 dari proses sepak pojok. Tanpa pengawalan ketat, Thanabalan dengan mudah menceploskan bola ke sudut atas kanan gawang yang tak bisa dijangkau kiper Satria Tama.

Garuda Muda sebenarnya mendapat peluang emas di menit 90 ketika Osvaldo Haay dijatuhkan pemain bertahan Malaysia di kotak terlarang. Sayang, wasit asal Srilanka WK Lakmal Weerakkody tidak menunjuk titik putih tanda terjadinya pelanggaran.

Padahal, Osvaldo jelas-jelas ditekel dari belakang oleh pemain Malaysia setelah lolos dari pengawalan. Dengan kekalahan tersebut, timnas Indonesia harus kembali kandas mendulang mimpi merebut emas dari cabang sepak bola.

Meski demikian, Garuda Muda masih bisa mendapat medali perunggu bila mampu mengalahkan Myanmar dalam perebutan tempat ketiga. Malaysia sendiri akan menghadapi Thailand di babak final.

Jalannya pertandingan timnas Indonesia kontra Malaysia berlangsung sengit. Tidak seperti di babak pertama yang terus mendapat tekanan dari Malaysia, timnas Indonesia mendominasi serangan di babak kedua.

Beberapa kali peluang emas tercipta melalui skema apik yang dirancang Evan Dimas. Sayang, penyelesaian akhir yang tidak maksimal membuat sejumlah peluang terbuang percuma. Di babak kedua ini, timnas Garuda Muda tercatat menguasai ball position sebanyak 52 persen, sedang Malaysia 48 persen.

Peluang emas terbaik Indonesia diperoleh Evan Dimas di menit ke-63. Sayang, sepakan keras kaki kirinya masih melebar dari tiang gawang Malaysia.
Tak berselang lama, giliran Ezra Walian yang mendapat peluang. Lagi-lagi, ketidaktenangan Ezra untuk melepaskan bola membuat peluang tersebut hilang percuma meski dia sudah lolos dari kawalan pemain bertahan Malaysia.

Satu menit kemudian, giliran Malaysia yang mendapat peluang terbuka. Lagi-lagi melalui tendangan bola mati, Malaysia nyaris menjebol gawang Satria Tama.
Puncaknya di menit ke-87, melalui servis bola mati tendangan sudut Malaysia sukses menjebol gawang Indonesia.

Gol yang diciptakan Thanabalan itu meruntuhkan moral para pemain timnas lantaran pertandingan tinggal menyisakan tiga menit dari waktu normal. Hingga laga berakhir, skor 1-0 bertahan untuk kemenangan Malaysia.

Susunan pemain:
Malaysia (4-3-3): Haziq Nadzli; Adib Zainuddin, Irfan Zakaria, Adam Nor Azlin, Matt Davies; Syamer Kutty, Nor Azam Azih, Yazwan Andik; N. Thanabalan, S Kimaahran, Safawi Rasyid

Indonesia (4-2-3-1): Satria Tama, I Putu Gede, Andy Setyo, Ricky Fajrin, Rezaldi Hehanusa, Evan Dimas Darmono, Hanif Sjahbandi, Septian David,  Febri Hariyadi, Septian David Maulana, Yabes Roni, Ezra Walian (Osvaldo Haay menit 75).

(kas)

https://sports.sindonews.com/read/1234143/51/kalah-dari-malaysia-timnas-indonesia-gagal-melaju-ke-final-1503761508

Leave a Reply